Tuesday, October 08, 2013

Tips Mempercepat Blog Untuk SEO Friendly

tips mempercepat loading blog seofriendly


Tips Mempercepat Blog Untuk SEO Friendly - Google sangat menganjurkan untuk kecepatan loading blog, dan ini juga termasuk dalam tekhnik SEO. Karena biar sebagus apapun content dan tampilan blog tapi jika loading pagenya terlalu berat ini akan sangat berpengaruh pada SEO, yang akhirnya akan menurunkan trafic pada blog kita. Bagaimana tidak kalau blog yang diakses berat  otomatis para pengunjung akan lari dan memilih berkunjung ke blog lain. Itu yang saya rasakan jika kebetulan ketemu blog/web yang load pagenya berat dan lama. Jadi speed blog juga memegang peranan penting bagi popularitas blog itu sendiri. Untuk kecepatan loading blog ini sebenernya kita bisa mengubah template blog jadi seo friendly ataupun memilih template seo friendly.

Nah berdasarkan ulasan diatas tips blog seo friendly kali ini saya akan berbagi tentang cara meningkatkan kecepatan loading blog/website. Namun sebelumnya silahkan anda check dulu seberapa cepat blog anda di Google Page Insight dan GTMetrix. Standar speed blog disini Google dan GTMetrix memberikan angka 80 untuk blog yang dianggap cepat.

Berikut langkah - langkah meningkatkan kecepatan loading blog agar lebih ke arah Seo Friendly :

1. Widget

Hindari pemasangan widget yang berlebihan pada blog, semakin banyak widget yang kita pasang maka load pagenya akan semakin berat. Saya tidak perduli dengan tampilan blog yang cantik, saya hanya membuat simple seperti pada blog ini.

2. Iklan

Jika ingin pasang iklan saya rekomendasikan ke google andsense, karena servernya masih milik google dan jadi lebih ringan untuk proses load pagenya.

3. Gambar

Semakin banyak gambar yang kita tampilkan di halaman muka Blog juga akan memperlambat waktu loading, usahakan sebelum gambar diterbitkan alangkah baiknya kita compress size dan formatnya lebih dulu. Ini bisa dilakukan dengan ekternal tool seperti Photoshop maupun layanan online lainnya seperti JPEG & PNG Stripper, Smush.it, Online Image Optimizer, SuperGIF. Dan usahakan tetap pada format gambar standar yaitu jpeg dan png.

4. CSS Dan Javascript

Penggunaan CSS dan Javascript yang berlebihan juga mempengaruhi kecepatan loading blog, jika di blog anda banyak menggunakan CSS dan Javascript sebaiknya dikurangi atau bisa kita kompres di layanan CSS Compressor dan Javascript Compressor. Atau bisa menerapkan Eksternal CSS dan Eksternal Javascript.

5. HTML Compressor

Sesudah melakukan semua kompress CSS dan Javascript kemudian kompreslah seluruh HTML Codenya. Untuk layanan ini bisa anda lakukan di HTML Compressor.

6. Text Graphic

Beberapa situs mungkin perlu menggunakan teks bergaya untuk membuat halaman web terlihat cantik dan menarik. Namun, harus diingat bahwa teks bentuk gambar dapat mengambil banyak dari ukuran halaman blog/website yang malah tidak ada gunanya buat SEO.

7. Post Display

Kurangilah jumlah posting yang ditampilkan di halaman muka blog, jangan lebih dari 5 judul posting. Untuk mengatur ini anda bisa ke Layout >> Blog Post >> dan atur jumlah postingan yang akan ditampilkan.

8. Mengurangi HTTP Request

Ada beberapa tool yang mematok standar blog cepat dengan HTTP request kurang dari 20, setiap gambar yang kita masukkan dalam posting otomatis akan menambah request HTTP. Ini juga berlaku pada jumlah Javascript, Jquery yang ada pada template blog kita.

9. CSS Sprite

Css sprite ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa gambar yang fungsinya untuk mengurangi HTTP request, jika blog anda banyak menggunakan icon - icon kecil seperti share button, icon navigasi dan lain lain alangkah baiknya menggunakan CSS Sprite ini. Karena sekecil apapun gambar akan dihitung 1 request HTTP, namun jika anda menggunakan css sprite ini maka gambar yang anda gabungkan tadi akan dihitung 1 HTTP saja. Anda bisa membuatnya dengan software photoshop untuk cara ini.

10. Konsisten Pada Ukuran Gambar

Jika anda menggunakan auto readmore gambar, biasanya ada ukuran gambar yang akan ditampilkan secara default pada template blog. Sebagai contoh scriptnya seperti ini :

<script type='text/javascript'>
 summary_noimg = 200;
 summary_img = 300;
 img_thumb_height = 300;
 img_thumb_width = 300;
 img_thumb_nosrc = &quot;http://3.bp.blogspot.com/-TSC-t4b1XvQ/UHWqOo4keDI/AAAAAAAAATo/DgshIsz1IBs/s1600/default.png&quot;;
</script>

Perhatikan tulisan warna merah diatas !!!
Untuk pengaturan gambar seperti diatas berarti kita tidak boleh upload gambar melebihi 300 px X 300 px

Demikian tips mempercepat loading blog yang saya sampaikan semoga bermanfaat dan Terimakasih.